1. http://suhushu.blogspot.com/2014/10/the-miracle-of-angela-ho.html
2.http://suhushu.blogspot.com/2014/10/the-new-of-kwik-kian-gie-school-of.html
3.http://suhushu.blogspot.com/2014/10/agriculture-advertising.html
4.http://suhushu.blogspot.com/2014/11/be-explorer-be-creative.html
5.http://suhushu.blogspot.com/2014/12/9-blok-bangunan-dasar.html
6.http://suhushu.blogspot.com/2014/12/dello.html
7.http://suhushu.blogspot.com/2014/12/definisi-kemasaan-dan-contohnya.html
Jawban soal UAS
1. Hubungan idea, kreatifitas, inovasi dan peluang pasar, yaitu :
kreativitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau anggitan (concept) baru, atau hubungan baru antara gagasan dan
anggitan yang sudah ada.
Inovasi
adalah membuat sesuatu baru yang sebelumnya tidak ada dipasar.
Peluang
pasar dapat diperluas dengan cara meningkatkan sisi kreatif dari suatu barang.
Kecenderungan mayoritas konsumen akan jenuh apabila barang yang dikonsumsi
begitu – begitu saja. Kreativitas dapat direalisasikan dengan membuat barang
yang kita produksi atau jual berbeda dari yang lain bisa dengan membuat barang
tersebut jadi lebih unik, lebih lucu dari segi visual maupun fungsinya dsb.
Peluang
pasar dapat dikembangkan lagi dari sisi inovasi atau biasa kita sebut idea.
Inovasi sendiri berarti menciptakan sesuatu baru yang sebelumnya belum pernah
ada. Dengan menciptakan produk-produk baru yang mampu menantang dan merubah
pasar, diharapakan produk tersebut dapat penjadi peluang tersendiri bagi
produsen untuk mengunggah hati konsumennya.
2.Yang melatar
belakangi seseorang/kelompok melakukan inovasi adalah Orang melakukan inovasi
berawal dari sebuah kejenuhan dan persaingan yang ketat.Berbagai alasan mengapa
timbul kejenuhan yang membuahkan inovasi adalah Banyak barang yang sejenis, Fungsi
barang tidak dimaksimalkan, Adanya barang yang kurang bermanfaat bagi manusia.
3. 1. Tahap
Pengetahuan (Knowledge)
Pada tahap ini, seseorang mulai
menyadari adanya suatu invoasi dan mulai mencari informasi, fungsi inovasi,
kesulitan menciptakan, dan dampaknya. Mereka akan membuka diri untuk mengetahui
inovasi dan akan menggunakan proses kegiatan mental bidang kognitif. Diharapkan
dari tahap ini adalah agar manusia-manusia terus berkembang untuk menciptakan
produk yang jauh lebih sempurna lagi.
2. Tahap Bujukan
(Persuation)
Seseorang membentuk sikap
menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi. tahap persuasi yang
berperan pd bidang afeksi atau perasaan. Tahap ini berfungsi untuk meningkatkan
ego seseorang untuk menyenangi pekerjaan yang ditekuninya dengan harapan bahwa
inovasi yang sedang dicari atau diciptakan dapat tercapai dengan maksimal. Jika
seseorang menyenangi pekerjaan yang ditekuninya maka hasil yang didapat pun
bisa lebih maksimal.
3. Tahap Keputusan (
Decision )
jika seseorang melakukan
kegiatan yang mengarah untuk menetapkan menerima atau menolak inovasi. Menerima
inovasi berarti sepenuhnya akan menerapkan inovasi. Menolak inovasi
berarti tidak akan menerapkan inovasi.
4. Tahap Implementasi (
Implementation )
Pada tahap ini,seseorang
menerapkan inovasi. Dalam tahap implementasi ini berlangsung keaktifan baik secara
mental maupun perbuatan. Keputusan penerima gagasan atau ide baru dibuktikan
dalam praktik. Pada umumnya implementasi tentu mengikuti hasil keputussan
inovasi tetapi dapat juga terjadi karena sesuatu hal sudah memutuskan
menerima inovasi tidak diikuti implementasi. Biasanya hal ini terjadi karena
fasilitas penerapan yang tidak tersedia. Keputusan untuk melanjutkan inovasi
bergantung dari tahap. Apakah rintangan-rintangan yang dihadapi mampu
terselesaikan dan mampu membuat inovasi menjadi lebih baik atau malah
sebaliknya? Itu semua tergantung dari bagaimana kesulitan yang dilalui seorang
pengambil keputusan.
5. Tahap Konfirmasi (
Confirmation )
Dalam tahap konfirmasi ini
seseorang mencari penguatan terhadap keputusan yang telah diambilnya,dan ia
dapat menarik kembali keputusannya jika memang diperoleh informasi yang
bertentangan dengan informasi semula. Tahap ini adalah tahp akhir dimana
seorang pengambil keputusan ingin mendapatkan kepastian tentang keputusan yang
diambil olehnya. Tahap ini adalah tahap untuk menunggu sekaligus memikirkan
ulang kembali sebelum inovasi tersebut dikeluarkan kepasar. Diharapkan juga
seseorang yang komit dalam pengambilan keputusan agar tidak setengah-setengah
dalam menjalankan tugasnya.
4. Berikut adalah 9 blok bangunan mengenai MNC TV
1. Customers Segment : Sekelompok
Orang/Organisasi berbeda yang ingin dilayani oleh Perusahaan.
Pelanggan adalah inti
dari semua model Bisnis ;à Market Driven Organization
Segmentasià Hal yang penting. Kelompok
pelanggan mewakili segmen terpisah jika :
- Kebutuhan pelanggan
memerlukan dan memperbolehkan penawaran yang berbeda
- Pelanggan diperoleh melalui
saluran distribusi yang berbeda
- Pelanggan memerlukan jenis
hub. Yang berveda.
- Pelanggan mpunyai
profitabiltas yang berbeda
- Pelanggan bersedia mbayar
untuk aspek-aspek penawaran yang
berbeda.
Unsur2nya :Usia, Gender , Geografis, Apa Kebutuhannya, Daya
beli.
MNC TV menargetkan acara Tvnya
ditujukan untuk kalangan bawah dan memiliki spesifik gender yaitu perempuan berdasarkan hasil survei
2.Value Proposition : Menggabungkan
antara produk dan layanan yang menciptakan nilai untuk segmen pelanggan
spesifik. Nilai Bisa bersifat Kuantitatif ( Harga dan Kecepatan layanan) dan
Kualitatif ( Desain dan Penglaman)
- Beberapa Contoh Elemen yang
dapat berkontribusi pada penciptaan nilai kepada pelanggan :
Ø
Sifat
Baru
Ø
Kinerja
Ø
Customisasi/Penyesuaian
Ø
Desain
Ø
Merek/Status
Ø
Harga,
Kenyamanan, dll
Program2 acara TV MNC yang dibuat
adalah acara2 yang unik. Program2nya hampir dengan program saluran TV lain yang
menjadi mitranya
3. Customer Relationship
Hub. Pelanggan yang
menggambarkan berbagai jenis hubngan yang dibangun perush, bersama segmen
pelanggan yg spesifik
Hubungan pelanggan dapat berupa :
- Akuisisi
- Retensi/Mempertahankan
- Upselling/Peningkatan
Penjualan
Cara MNC membangun hubungan
dengan konsumen yaitu Salah satu cara membangun loyalitas konsumen contohnya
untuk laki2 yaitu menayangkan acara bola yang tentunya sangat diminati oleh
kaum pria
4. Channel
Blok bangunan saluran yang
menggambarkan bagaimana perusahaan berkomunikasi dengan segmen pelanggannya dan
menjangkau mereka untuk memberikan proposisi nilai. Fungsi Channel :
- Meningkatkan kesadaran
Pelanggan atas produk dan jasa
- Membantu pelanggan
mengevaluasi proposisi nilai perusahaan
- Memungkinkan pelanggan
membeli produk dan jasa yang spesifik
- Memberikan proposisi nilai
kepada pelanggan
- Memberikan dukungan purna
jual kepada pelanggan
Jenis Saluran
|
Fase-Fase Saluran
|
||||||
Milik Sendiri
|
Langsung
|
Tenaga
Penjual
|
Kesadaran : bagaimana
Meningkatkan kesadaran thd produk dan jasa perush. kita
|
Evaluasi : Bgmna Membantu
Pelanggan mengevaluasi proporsi nilai organisasi
|
Pembelian : Bgmna memungknkan
pelanggan membeli produk/jasa spesifik kita
|
Penyampaian : Menyampaikan
proposisi nilai kepada pelanggan
|
Purna Jual : Bgmana memberikan
dukungan purnajual kepada pelanggan
|
Penjualan Web
|
|||||||
Tdk Langsung
|
Toko Sendiri
|
||||||
Mitra
|
Toko Mitra
|
||||||
Penj. Jml Besar
|
6. 5.Revenue Streams/arus pendapatan, menggambarkan
uang tunai yang dihasilkan perusahaan dari masing-masing segmen pelanggan
(biaya harus mengurangi pendapatan untuk menghasilkan pemasukan)
§ Pelanggan
inti, RS adalah urat nadi.
§ Model
bisnis melibatkan 2 jeni RS : Pendapatan transaksi yg dihasilkan dari satu kali pembayaran berulang, dan Pendapatan beruang yang dihasilkan dari pembayaran
berkelanjutan baik untuk memberikan proposisi nilai kepada pelanggan maupun
menyediakan dukungan pelanggan pasca pembelian
§ Beberapa
cara membangun RS : Penjualan aset, Biaya Penggunaan,biaya berlangganan,dll
(Page 31)
§ Masing-masing
RS memiliki mekanisme pendapatan harga yg berbeda. Ada dua jenis PH. Tetap dan
Ph Dinamis
Pendapatan yang diterima oleh MNC TV diperoleh
dari iklan produk dan advertising lainnya serta dari pendapatan subscriber
youtube.
6.Key Resource
Asset apa saja yang kita miliki atau
diperlukan untuk dapat menghasilkan Value Proposition (VP) sehingga dapat menghasilkan revenue
Stream (RS) . Misal:
mesin produksi, tenaga kerja, website.
Aset
yang dimiliki oleh MNC TV adalah gedung, karyawan dan acara2 unik yang
ada hanya di MNC TV
7.Key Activities
Tindakan-tindakan apa yang dapat kita
lakukan untuk menghasilkan Value proposition (VP) sehingga menghasilkan Revenue
Stream (RS). Misal:
Menjaga kualitas produk, sales support dan lains sebagainya.
Program
yang dibuat MNC adalah Membuat program2 yang tentunya disukai oleh
kebanyakan masyarakat seperti, realiti show, Dangdut dan lain-lain.
8.Key Partnership
Dalam berbisnis tentunya tidak sendirian
dan harus menentukan dengan siapa kita berpartner dan dengan cara apa.
contoh : Suplier/vendor, agen dsb.
- Empat jenis kemitraan yang
berbeda :
- Aliansi strategis antara
non pesiang
- Coopetition :kemitraan
stratgis antarpesaing
- Usaha patungan untuk
mengembangkan bisnis baru
- Hubungan pembeli pemasok
untuk menjamin pasokan yang dapat diandalkan.
- Tiga Motivasi dlm membangun
Kemitraan :
- Optimalisasi dan skala
ekonomi
- Pengurangan risiko dan
ketidakpastian
- Akuisisi sumber daya dan
aktivitas tertentu
MNC melakukan kerja sama dengan perusahaan lain
seperti RCTI dan GLOBAL TV dimana acara yang mereka tayangkan tidak jauh
berbeda dan berfungsi mencakup jumlah pelanggan yang lebih luas
9.Cost Structure
biaya-biaya
yang timbul untuk dapat menghasilkan Value Proposition (VP). Contoh : gaji karyawan, biaya
operasional dan lain sebagianya.
Rincian biayanya dikeluarkanoleh MNC TV adalah untuk membayar gaji karyawan, fasilitas, maintance alat2 broadcasting dan lainnya, investasi dan Program CSR
5.persaingan dan strategi produk Procter & Gamble (P&G)
P&G diIndonesia tidak membangun merek dari nol,
melainkan cukup memilih mana yang paling cocok untuk karakteristik pasar
Indonesia. Begitulah, pelan tapipasti, P&G meluncurkan mereknya dalam
ketegori produk yang telahdiperhitungkan, sekaligus mengedukasi masyarakat.Cara
ini lumayan berhasil. Produk perawatan rambut P&G, misalnya, kinimenguasai
sekitar 30% pangsa pasar Indonesia. Senjata andalannya, Pantene,Rejoice dan
Head & Shoulders. Unilever, si jago tua, menguasai 60% lewatBrisk, Sunsilk,
Clear, Organics dan Dimension. Sementara Wings, yangmengandalkan Emeron,
menguasai 5%. Sisanya menjadi rebutan pemain lain
strategi pemasaran
1.
Membuat produk-produk baru untuk memberikan banyak pilihan
bagi pelanggan.
2.
Mengembangkan program pemasaran melalui saluran pemasaran
ritel kepada pelanggan.
3.
Mengembangkan sistem informasi yang bisa mendata barang
mulai dari pabrik, gudang, pengiriman.
4.
Melakukan ratusan promosi yang berbeda-beda.
Produk yang kali ini akan dibahas adalah tentang Pantene.
Strategi yang digunakan adalah membuat iklan-iklan menarik dimana dapat memikat
hati para perempuan untuk membeli produk pantene. Pantene sendiri adalah produk
shampoo dengan harga terjangkau. Pantene juga membuat beberapa acara besar
dengan mendatangkan model dan hair designer terkenal dimana hair designer
tersebut akan merawat dan memodifikasi rambut para pengguna pantene yang
terpilih.
6. Salah perusahaan lokal yang saya pilih adalah Cimory. Cimory
adalah perusahaan lokal yang bergerak dibidang food & beberage dimana
perusahaan tersebut memproduksi dan menjualkan susu produksinya dipasar dengan
kualitas yang tinggi. Cimory sendiri sudah memiliki dua jenis restoran dipuncak
yaitu Cimory Mountain View dan River Side. Restoran tersebut selain menekankan
rasa, ternyata juga menekankan keindahan alam yang dapat dinikmati oleh
pelanggannya.
Harapan saya agar Cimory dapat menjadi perusahaan go
international adalah terus mengembangkan ini adalah membangun mitra dan
menciptakan sumber pendapatan yang baru. Cimory sudah seharusnya mulai
mengadakan kerja sama dengan perusahaan lokal lainnya untuk terus mengembangkan
produk seperti es krim cimory dan lain-lain. Sumber pendapatan yang lain juga
bisa dipilih seperti mencari investasi, mengakuisisi beberapa perusahaan lain
seperti membeli kepemilikan saham dan masih banyak lagi. Namun ada baiknya
mencari partner kerja terlebih dahulu untuk memajukan usaha karena jika
memiliki mitra kerja maka baik secara finansial maupun mental akan terasa jauh
lebih ringan jika ingin mencapai tujuan perusahaan.
7.LG Electronics adalah perusahaan yang menyediakan alat-alat
elektronik tercanggih dimana berfungsi untuk memudahkan kehidupan manusia
dengan terus menciptakan produk-produk invatif.
Alat-alat yang diciptakan adalah gadget, tablet, Laptop, TV
dan masih banyak lainnya. Telah terbukti bahwa penggunaan teknologi yang
efektif dan efisien dapat menekankan harga produk menjadi lebih murah dan mampu
bersaing dipasar. Proses pembuatan produk sendiri pun dapat dikatakan sudah
sesuai standar karena berdasarkan hiraki yang ada. Proses yang bagus dapat
dapat menciptakan hasil output yang berkualitas dimana produk dapat dicermati
telebih dahulu sebelum produkl tersebut diapsarkan kembali. Selain menciptakan
kebutuhan akan produk, LG juga tidak lupa dalam memberikan pelayanan yang memuaskan
dibidang jasa seperti menerima kritik dan saran pelanggan,mengganti unit yang
rusak milik pelanggan dengan syarat-syarat tertentu dan masih banyak lagi.
Produk yang diciptakan pun adalah cukup murah karena dapat menjangkau semua
kalangan. Model bisnis yang digunakan sering kali mengalami reakyasa atau
biasanya kita sebut business Process Reengenering dimana merombak proses bisnis
secara dinamis agar dapat terus beradaptasi dengan pasar yang berguna untuk
memajukan kehidupan perusahaan dan tetap mampu memuaskan konsumen karena LG
adalah perusahaan yang terus berkembang.
8.Pengalaman yang saya dapatkan dari pelajaran kreativitas dan inovasi adalah munculnya keinginan untuk bereksplorasi diri jauh lebih kuat. Saya menjadi berusaha untuk mencari bakat saya dan mulai berani untuk membukakan diri saya kepada pihak luar. Saya juga menjadi lebih mengetahui tentang keindahan Jakarta akibat dari tugas-tugas yang saya dapatkan. Tugas yang sering saya dapatkan dari pelajran ini adalah mengetik. Dengan mengetik sendiri secara pelan-pelan saya sudah mulai belajar bagaimana cara memasarkan diri secara online karena pada jaman perkembangan saat ini, manusia tidak bisa lepas dari internet. Oleh karena itu, pelatihan dibidang internet harus ditingkatkan terus-menerus agar tidak ketinggalan jaman dan mampu bersaing secara dinamis akibat perubahan-perubahan yang terjadi Diharapkan saya akan bertemu guru seperti bapak lagi yang memberikan metode belajar yang berbeda dengan guru lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar